PEKA STIE Putra Bangsa TA. 2011/ 2012


Kebumen, Selasa-Rabu tanggal 20-21 September 2011 STIE (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi) Putra Bangsa melangsungkan kegiatan Pengenalan Kampus (PEKA). Kegiatan ini diikuti oleh 253 peserta, 174 dari Program Studi Manajemen dan 79 dari Program Studi Akuntansi. Tema yang diangkat menurut ketua Panitia Muwarni Gustiyani yang didampingi ketua BEM STIE Putra Bangsa periode 2011/2012 Istikomah, adalah “Let’s Increase Creativity and Entrepreneurship Mental”, dengan tema tersebut diharapkan para peserta dapat meningkatkan kreativitas dan memiliki jiwa kewirausahaan. Selain mengenalkan kegiatan akademik, kegiatan ini juga mengenalkan kepada calon mahasiswa baru tentang bagaimana pembentukan karakter melalui kegiatan pengembangan minat dan bakat yang diwadahi BEM melaui unit-unit kegiatan kemahasiswaan.

Pada hari pertama kegiatan PEKA, dilaksanakan untuk kegiatan mekanisme pengenalan kelembagaan kampus dan pemberian motivasi belajar kepada calon mahasiswa baru. Pembukaan kegiatan PEKA disampaikan oleh ketua STIE Putra Bangsa Gunarso Wiwoho, SE., MM. Dalam sambutannya ketua menyampaikan bahwa bersyukur dan mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kepercayaan masyarakat selama ini dan pemerintah daerah yang telah banyak bersinergi untuk membangun masyarakat Kebumen yang mandiri dan memiliki pola pikir yang lebih maju. Peningkatan kepercayaan masyarakat terlihat dari animo masyarakat untuk kuliah di STIE Putra Bangsa meningkat, kepercayaan ini tidak hanya berasal dari masyarakat lokal Kabupaten Kebumen saja, melainkan sudah banyak masyarakat Kabupaten sekitar bahkan dari luar pulau jawa sudah mulai mengenal dan mempercayakan putra-putrinya ke STIE Putra Bangsa. Disamping itu Ketua menyampaikan bahwa mahasiswa kedepan harus memiliki kesiapan fisik, psikologis, serta memahami dunia kampus agar mengenal sistem pembelajaran dan siap menggunakan sarana dan prasarana untuk menunjang pembelajaran sehingga setelah lulus mahasiswa mampu menjadi mahasiswa yang tangguh, cerdas secara spiritual dan emosional serta memiliki dedikasi yang tinggi, budaya etos kerja dan semangat berkebangsaan.

Hadir dalam kegiatan Pengenalan Kampus (PEKA) STIE Putra Bangsa Bupati Kebumen Buyar Winarso, SE. dan ketua yayasan pendidikan Putra Bangsa Slamet Ahmadi, SE.,MM. Pada kesempatan tersebut, Bupati menyampaikan mengenai materi Pembentukan Karakter Pengusaha. Kepada calon mahasiswa baru tersebut Bupati menyampaikan bahwa saat sekarang ini masyarakat Kebumen membutuhkan generasi muda yang siap berkompetisi dan mau mengembangkan potensi lokal yang ada di kabupaten Kebumen. Oleh karena itu, pembelajaran di STIE Putra Bangsa adalah pilihan tepat untuk memulai proses membentuk karakter mahasiswa yang dilandasi semangat kerja keras dan kerja ikhlas. Disamping itu Bupati Kebumen menyampaikan terima kasih dan kebanggaan kepada para peserta PEKA atas kepercayaannya kepada STIE Putra Bangsa untuk melanjutkan kuliah di Kebumen dimana ada peserta kabupaten lain yang mempercayai pembelajaran di kampus ini. Bupati yakin bahwa lulusan STIE Putra Bangsa saat ini sudah siap berkompetisi dengan perguruan tinggi negeri yang menjadi favorit para lulusan SMA/SMK. Dalam pesan berikutnya Bupati mengharapkan mahasiswa STIE Putra Bangsa tidak perlu berebut menjadi PNS tetapi berebut untuk menjadi orang sukses melalui penggalian ide karena ide merupakan sesuatu yang lebih mahal dan tidak perlu mengkhawatirkan modal, karena modal akan mendatangi orang-orang yang memiliki kreativitas, semangat dan pantang menyerah. Lakukan dulu dengan tekun dan semangat serta ikhlas dan jangan berhitung apa yang sudah dilakukan, proses harus dilakukan. Peserta sangat antusias mengikuti materi yang disampaikan Bupati, Succes Story perjuangan beliau untuk menjadi pengusaha yang dimulai dari nol hingga menjadi seorang pengusaha seperti sekarang ini.

Pada hari kedua kegiatan Peka, kegiatan yang dilakukan adalah kegiatan yang bersifat pengenalan serta penjaringan anggota keorganisasian mahasiswa, yang diwadahi dalam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM); Kerohanian, Radio, Jurnalistik, Pecinta Alam, English Club, Musik, Paduan Suara, KSR, Olah Raga, Theater, Litbang, dan Kewirausahaan. Selain kegiatan tersebut, kegiatan lain adalah kegiatan wawancara kepada Usaha Kecil Menengah di sekitar kampus mengenai aspek usaha, potensi dan peluang pengembangan serta hambatan-hambatannya. Selain itu kegiatan yang dilakukan dengan kegiatan Bakti Sosial untuk masyarakat yang ada di sekitar kampus dengan memberikan Sembako. Seluruh kegiatan adalah kegiatan pembelajaran karakter sesuai dengan tema dan tidak ada kegiatan perploncoan kepada calon mahasiswa baru. Kegiatan PEKA ini ditutup oleh Pembantu Ketua III STIE Putra Bangsa, Sigit Wibawanto, SE.,MM yang dilanjutkan dengan Keakraban Panitia dan peserta PEKA.















Comments :

0 komentar to “PEKA STIE Putra Bangsa TA. 2011/ 2012”

Posting Komentar